Minggu, 13 Maret 2011
CPU Mati merupakan masalah besar pada computer, sebab CPU adalah salah satu hardware utama yang sangat penting dalam computer. CPU terdiri dari beberapa komponen seperti motherboard, prosesor, harddisk dan sebagainya. Ukuran dan model CPU sangat beragam, mulai dari yang type tower, horizontal sampai yang berukuran kecil.
Kemampuan CPU tergantung pada kecepatan dan kapasitas komponen didalamnya. Selain itu keseimbangan komponen didalamnya mempengaruhi stabilitas CPU. Kecepatan prosesor yang tinggi tidak akan bekerja dengan baik jika tidak diimbangi dengan kapasitas RAM yang memadai.
Penyebab CPU Mati :
1.Kabel power pada motherboard tidak terpasang.
Solusinya dengan mencari jack dari kabel power pada casing CPU dan memasangnya pada pin power pada motherboard.
2.Power Supply tidak berfungsi.
Solusinya dengan memastikan kabel power sudah tersambung dengan listrik dan saklarnya pada posisi ON. Jika masih tidak hidup, matikan aliran listrik, lalu coba gunakan indra penciuman, jika tercium bau sesuatu yang terbakar, itu artinya power supply sudah tidak berfungsi lagi, namunbiasanya kerusakan tersebut masih bisa diperbaiki.
3.Beberapa kabel belum terpasang dengan baik.
Periksa dan pastikan semua kabel sudah terpasang dengan baik. Termasuk dalam CPU yang menyebabkan computer tidak bisa berjalan adalah kabel power supply dan harddisk.
4.RAM belum terpasang dengan baik di slot motherboard.
Biasanya karena guncangan atau pada waktu dibersihkan, RAM belum terpasang dengan benar dislotnya. Pastikan RAM sudah terpasang dengan benar dan menancap sesuai di slotnya.
5.Prosesor terbakar.
Meskipun tidak ada suara beep atau monitor hanya tampil blank, kemungkinan besar masalah ada pada prosesor, bisa mati atau terbakar. Kalau prosesor benar benar rusak,maka anda harus menggantinya dengan yang baru.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Label

backdoor (1) Blog (2) cleaner (1) CPU (1) email (1) firefox (1) freeware (1) hack (1) IDM (2) info (3) Internet (10) komputer (2) malware (1) registry (1) spyware (1) Tips and Trick (17) trojan (1) virus (1) worm (1)

Pengikut